Banjir genangi 19 rumah di Sapporo

Akibat pengaruh pertemuan udara dingin dari utara dan udara hangat dari selatan, pada 9 September 2012 mulai pagi hingga siang hari, Hokkaido dilanda hujan lebat. Setidaknya 19 rumah di Sapporo terendam banjir.

Menurut Badan Meteorologi Sapporo, pada jam 9:50 pagi hari, curah hujannya sudah mencapai 42 mili liter dalam 1 jam. Dari informasi yang didapat dari petugas pemadam kebakaran kota Sapporo, setidaknya 4 rumah terendam banjir hingga di atas lantai rumah, sedangkan 15 rumah lainnya terendam banjir masih di bawah lantai rumah. Beberapa jalan di kota Sapporo juga terendam oleh banjir.

Banjir genangi 19 rumah di Sapporo Sementara itu, menurut informasi yang didapat dari jalur kereta JR Hokkaido, sebanyak 100 perjalanan kereta express dan limited express untuk jalur Hakodate dan Muroran dibatalkan. Jalan tol antara Mukawa dan Hidaka Monbetsu ditutup sejak jam 12:45 selama sekitar 2 jam.

Banjir juga mengakibatkan 3 orang pendaki gunung Soranodake yang berusia antara 59-61 tahun dan berasal dari Sapporo dan Iwamizawa terjebak. Mereka tidak bisa turun karena jembatan kayu di atas sungai hanyut akibat sungai meluap. Mereka akhirnya dapat ditolong dengan selamat oleh petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan tali penyelamat.

Sumber:

http://www.hokkaido-np.co.jp/news/donai/402855.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *