Bis korban tsunami tinggal kenangan

Sebuah bis yang terseret oleh gelombang tsunami akibat gempa bumi di Jepang Timur tahun lalu dan tersangkut di atas atap sebuah gedung pertemuan warga di Ogatsu-cho, Ishinomaki, Miyagi, sudah diturunkan dari atap gedung tersebut pada 10 Maret 2012.

Pekerjaan penurunan bis tersebut dimulai jam 10 pagi waktu Jepang dan dapat diselesaikan hanya dalam waktu 5 menit saja. Lebih dari 100 orang warga dan pengunjung yang melihat secara langsung bagaimana bis tersebut diturunkan dengan sebuah crane besar yang berbobot 130 ton.

Bis korban tsunami tinggal kenangan Seorang ibu berumur 42 tahun yang kehilangan rumahnya akibat tsunami mengatakan setiap kali ia melihat bis itu, ia menjadi sedih mengingat kembali sebelum bencana terjadi. Akhirnya bis itu bisa dipindahkan juga setahun setelah bencana itu terjadi.

Setelah bencana itu, ada rencana untuk tetap meninggalkan bis di atap gedung itu sebagai monumen terjadinya tsunami. Namun kebanyakan dari warga menginginkan agar bis itu dapat segera dipindahkan dari atap gedung pertemuan warga.

Sumber:

http://www.47news.jp/CN/201203/CN2012031001001162.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *