Domain Jepang paling aman

Laporan tahunan tingkat keamanan domain internet di seluruh dunia telah dirilis oleh McAfee, sebuah perusahaan keamanan di internet. Dalam laporannya, domain internet yang tingkat keamanannya paling rendah adalah domain .cm dari Kamerun. Domain internet yang tingkat keamanannya paling tinggi adalah domain .jp dari Jepang dengan risiko keamanannya hanya 0,1%. Sementara itu, untuk domain komersial, domain .com menempati urutan kedua terendah tingkat keamanannya.

McAfee mengevaluasi tingkat keamanan situs internet dalam layanan website “McAfee SiteAdvisor” berdasarkan analisa database sekitar 27 juta situs internet dari 104 top level domain. Setiap domain dievaluasi berdasarkan tingkat kerentanan terhadap eksploitasi browser, phising, pop up yang berlebihan, kejahatan dari situs download, dan sebagainya.

Menurut laporan McAfee, 5,8% dari keseluruhan situs internet yang sudah dievaluasi mengandung resiko keamanan atau sekitar 1,5 juta situs internet di dunia mempunyai resiko keamanan.

Domain internet yang beresiko tinggi tingkat keamanannya adalah domain .cm dari Kamerun dengan 36,7% memiliki resiko keamanan. Jumlah ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya di mana pada tahun lalu Kamerun tidak termasuk dalam peringkat atas domain internet yang beresiko tinggi tingkat keamanannya. Hal ini disebabkan oleh kemiripan dengan domain komersial .com, sehingga sering digunakan untuk membuka situs internet yang digunakan untuk penipuan memanfaatkan kesalahan pengetikan alamat situs internet.

Sementara itu, domain .hk dari Hongkong yang berada di peringkat nomor satu domain internet yang paling berbahaya dari laporan tahun lalu, dengan dukungan dari pejabat-pejabat terkait tahun ini peringkatnya turun menjadi peringkat ke 34. Domain .jp dari Jepang menjadi domain internet yang paling aman dengan resiko hanya 0,1%, meningkat dari tahun sebelumnya 0,13%.

peta_keamanan_internet_duniaUntuk kategori domain generik, domain komersial .com mengalami kenaikan resiko keamanan dari peringkat sebelumnya ke 9 menjadi peringkat ke 2 tahun ini. Di Jepang, domain komersial .com juga banyak digunakan, sehingga walaupun domain .jp memiliki resiko keamanan paling rendah, bukan berarti pengguna internet di Jepang memiliki resiko keamanan yang rendah.

Peringkat domain negara yang beresiko keamanan tinggi :

1. Kamerun

2. Cina

3. Samoa

4. Filipina

5. Rusia

Peringkat domain negara yang beresiko keamanan rendah:

1. Jepang

2. Irlandia

3. Kroasia

4. Luksemburg

5. Vanuatu

Sumber:

http://www.security-next.com/011611.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *