Gempa kembali melanda Jepang

 Gempa bumi kembali melanda Jepang pada tanggal 23 Juni 2011 pagi hari. Gempa bumi ini terjadi di wilayah Iwate dan Aomori. Diperkirakan gempa ini merupakan salah satu gempa susulan dari gempa besar yang terjadi di lepas pantai Iwate pada bulan Maret 2011 yang lalu. Badan meteorologi Jepang menghimbau warga untuk siaga terhadap bahaya tanah longsor di tempat-tempat yang mengalami gempa susulan yang kuat dan dilanda hujan.

Menurut badan meteorologi Jepang, sumber gempa diperkirakan berada di kedalaman 20 km lepas pantai Iwate dan terjadi sekitar jam 6:51 pagi hari waktu Jepang. Besarnya gempa diperkirakan mencapai 6,7 skala Richter.

Gempa kembali melanda JepangPeringatan bahaya tsunami sempat dikeluarkan pada jam 6:53 oleh badan meteorologi Jepang, namun setelah itu tidak terdeteksi gelombang tsunami. Akhirnya sekitar jam 7:45 pagi, badan meteorologi Jepang mencabut peringatan bahaya tsunami. Diperkirakan masih akan terjadi gempa susulan dengan intensitas sedang hingga mencapai sekitar 5 skala richter. Gempa kali ini dirasakan mulai dari wilayah Morioka, Iwate, Aomori, Miyagi, Hokkaido, Tohoku hingga Kanto dan Shizuoka.

Sumber:

http://www3.nhk.or.jp/news/html/20110623/t10013707541000.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *