Hemat listrik dengan COOL BIZ

Tidak seperti biasanya, para pekerja di Jepang yang biasanya berpakaian rapi dengan dasi dan jasnya, mulai hari ini tanggal 1 Mei 2012 mereka bekerja dengan kemeja lengan pendek dan tanpa dasi. Hal ini terkait dengan dimulainya program "COOL BIZ" untuk para karyawan yang bekerja di pemerintah pusat dan para wakil rakyat di Jepang. Sejak kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang mengalami defisit energi listrik di musim panas. Program "COOL BIZ" ini merupakan salah satu cara untuk melakukan penghematan listrik di Jepang. Untuk tahun ini, program "COOL BIZ" dimulai 1 bulan lebih awal dari tahun lalu.

Hemat listrik dengan COOL BIZ Sejak pagi hari, banyak karyawan pemerintah pusat yang bekerja di Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo masuk ke kantor dengan memakai kemeja lengan pendek tanpa menggunakan dasi.

Pada jam 9 pagi, di tengah cuaca yang berawan, suhu udara di Tokyo sudah mencapai 22,8 derajat Celcius. Biasanya sekitar bulan Mei 2012, suhu udara maksimum rata-rata hanya mencapai 21,4 derajat Celcius, sehingga dirasakan sedikit agak panas dari biasanya.

Sumber:

http://www.sannichi.co.jp/kyodo/news2.php?genre=Lifestyle/Human_Interest&newsitemid=2012050101001478

Related Articles

2 Comments

  1. mariawongdeso May 4, 2012 at 19:15

    apa sih istilah *COOL BIZ* ?
    nuwun sewu yo nas ,nuwun pangapunten ,la pancen ora dong lo.
    have a nice week end.

  2. Unik May 13, 2012 at 22:18

    Coba diIndonesia jg diadakan program semacam ini,, Pasti nggak bakalan ada lagi deh yg namanya pemadaman bergilir ^_^

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *