Penjualan perdana iPad di Jepang 3 kali lipat dari penjualan perdana iPhone

 Menurut perusahaan riset peringkat penjualan perangkat elektronik, BCN, penjualan perdana iPad pada tanggal 28 Mei 2010 mencapai 2,84 kali lipat dari penjualan perdana iPhone di hari pertamanya. Menurut analis dari BCN, penjualan ini terangkat oleh adanya 2 model yaitu, model 3G dan model Wi-Fi.

Dari data POS yang berasal dari toko-toko pengecer elektronik dan dari situs belanja online (tidak termasuk Apple Store dan Softbank Shop), jumlah penjualan perdana iPhone model 3G dan 3GS hampir sama, namun penjualan perdana iPad hampir mendekati 3 kali lipat dari penjualan perdana kedua model iPhone.

Penjualan perdana iPad di Jepang 3 kali lipat dari penjualan perdana iPhonePerbandingan antara model 3G dan model Wi-Fi adalah 55 : 45, model 3G sedikit lebih banyak. Dilihat dari spesifikasinya, model 3G dengan memori 64GB merupakan model yang paling laku terjual, mencapai 35,2%, disusul oleh model Wi-Fi dengan memori 64GB dengan penjualan mencapai 16%.

Penjualan setelah penjualan perdana juga berhasil naik melewati penjualan perdananya. Biasanya penjualan setelah penjualan perdana akan turun karena stoknya terbatas, namun tidak berlaku untuk penjualan iPad karena mempunyai model yang banyak baik dari sisi model komunikasinya maupun dari sisi kapasitas memorinya.

BCN memasukkan iPad dalam kategori notebook PC. Untuk bulan Mei 2010, penjualan iPad mencapai hampir 10% dari penjualan notebook PC. Untuk penjualan per produsen notebook PC pada bulan Mei 2010, Apple berhasil menaikkan penjualannya dari 3,5% bulan sebelumnya menjadi 11,5% dan berhasil meraih posisi ke-4 setelah Toshiba (22,1%), Fujitsu (17,4%) dan NEC (16%). Peringkat kelima adalah Sony dengan 9,3%.

Netbook telah berhasil mengubah harga PC, sedangkan iPad berhasil mengubah antarmukanya. Analis BCN menilai alat-alat elektronik dengan fitur layar sentuh seperti iPad dapat meningkatkan penjualan PC. Terutama untuk pemakai PC yang selama ini menilai sangat sulit untuk menggunakan PC, dengan adanya alat-alat elektronik dengan fitur layar sentuh akan semakin tertarik untuk menggunakan notebook PC.

Tantangan bagi ekspansi penjualan iPad adalah pengembangan platform e-book dan persaingan terhadap perusahaan-perusahaan lain yang akan meluncurkan produk sejenis. Tiap-tiap perusahaan saat ini sedang mengembangkan produk-produk saingan bagi iPad, namun untuk lebih meningkatkan penjualannya, persaingan pasar sangatlah penting.

Sumber :

http://www.itmedia.co.jp/news/articles/1006/09/news068.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *