Seekor penguin lari dari akuarium Tokyo Sea Life Park

Akuarium Tokyo Sea Life Park mengumumkan bahwa seekor penguin diketahui telah lepas pada 4 Maret 2012. Penguin yang lepas adalah jenis penguin Humboldt yang termasuk satwa langka.

Akuarium Tokyo Sea Life Park saat ini memelihara 135 ekor penguin Humboldt, jumlah terbanyak yang dipelihara dalam akuarium di Jepang. Penguin yang lepas adalah seekor anak penguin dengan tinggi sekitar 60-70 cm dan di sayap kirinya terdapat cincin berwarna kuning. Beberapa orang sempat melihat penguin tersebut berenang di sekitar muara sungai kyu-Edo, beberapa ratus meter dari akuarium Tokyo Sea Life Park.

Seekor penguin lari dari Tokyo Sea Life Park

Menurut akuarium Tokyo Sea Life Park, penguin Humboldt merupakan jenis penguin yang dapat hidup di daerah dengan udara yang panas dan banyak dipelihara di akuarium di Jepang. Penguin yang lepas itu sepertinya masih bisa bertahan di sekitar sungai kyu-Edo karena di sungai ini banyak terdapat ikan-ikan kecil sebagai makanan penguin.

Penguin jenis ini merupakan satwa favorit di akuarium Tokyo Sea Life Park, sehingga diharapkan dapat ditangkap secepatnya. Petugas akuarium Tokyo Sea Life Park menyarankan warga yang melihat sebaiknya melaporkan ke petugas dan tidak berusaha menangkapnya sendiri karena penguin ini dapat menyerang dengan paruhnya.

Kandang penguin ini berada di luar ruangan dengan dikelilingi oleh pagar dan batu karang setinggi 2 meter. Jalur melarikan dirinya masih belum diketahui karena tidak mungkin melompati pagar yang tinggi tersebut. Kemungkinan penguin itu keluar melewati lubang di antara pagar dan tanah.

Penguin Humboldt hidup mulai dari Peru hingga Chili di pesisir Samudra Pasifik. Penguin ini dikhawatirkan akan punah karena efek perubahan iklim, sehingga ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi dalam Perjanjian Washington.

Sumber:

http://www.tokyo-np.co.jp/article/national/news/CK2012030502000029.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *