Toyama meluncurkan bis listrik

 Upacara peluncuran bis listrik untuk komunitas yang dibuat oleh Hokuriku Electric dilakukan di Sogawa Grand Plasa, Toyama pada tanggal 10 Pebruari 2010. Mulai tanggal 14 Pebruari 2010 selama 1 bulan, bis listrik ini akan diuji coba beroperasi pada jalur Chuo sebagai bis Maidohaya, bis untuk komunitas Toyama.

Menurut Hokuriku Electric, ini adalah untuk pertama kalinya bis listrik digunakan sebagai bis komunitas di Jepang.

Pada upacara peluncuran ini, Presiden Direktur Hokuriku Electric, Nagahara Isao dalam sambutannya mengatakan semoga bis listrik ini dapat berkontribusi untuk mengurangi gas karbon di dunia. Walikota Toyama, Mori Masashi dalam sambutannya juga mengatakan bahwa peranan mobil listrik dalam upaya mengurangi gas karbon dioksida (CO2) sangat penting. Semoga bis listrik ini dapat digunakan oleh masyarakat seoptimal mungkin.

Toyama meluncurkan bis listrikBis listrik ini dibuat dengan model berlantai rendah. Dibandingkan dengan bis bermesin diesel, emisi CO2 yang dihasilkan bis listrik lebih rendah 30-40%. Hal ini didapat dari hasil percobaan dan akan dipikirkan penggunaannya di lapangan.

Uji coba bis listrik ini akan dilakukan hingga tanggal 14 Maret 2010. Selama bulan Pebruari 2010, bis listrik ini akan beroperasi 6 kali setiap hari. Biaya sekali naik per orang untuk anak SD ke atas 100 yen.

Proyek bis listrik ini dilaksanakan atas prakarsa Departemen Ekonomi Jepang bekerjasama dengan Hokuriku Electric, Toyama Subway dan beberapa pihak terkait.

Sumber :

http://www.chunichi.co.jp/article/toyama/20100212/CK2010021202000182.html

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *