Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shin-Yokohama Raumen: Museum Sekaligus Taman Hiburan Terbaru Bertema Ramen yang Unik

 


Walaupun populer dari Jepang, tidak bisa dibantah kalau asal- usul mi ramen berasal dari Tiongkok. Semenjak diimpor pertama kali dari Tiongkok, ramen kelihatannya sudah menjelma jadi santapan ikonis di Jepang. Saking ikonisnya, apalagi negara sakura ini mempunyai lanskap spesial bernama Shin- Yokohama Raumen Museum yang dapat didatangi turis lokal ataupun mancanegara.


Cocok namanya, Shin- Yokohama Raumen Museum memanglah terdapat di Yokohama, Prefektur Kanagawa serta didedikasikan untuk ramen. Tetapi tempat yang dibuat pada 6 Maret 1994 ini tidak cuma terdiri dari museum saja. Kabarnya ramen di mari dapat mengajak turis bertualang mendobrak era ke era kemudian. Semacam apa ya keunikannya?


Museum di Atas, Pertokoan di Bawah


Lantai pertama Shin- Yokohama Raumen Museum kelihatannya tidak terdapat kelainannya dengan museum pada biasanya. Wisatawan dapat melihat potret- potret ramen dari sebagian wilayah di Jepang, pula mendatangi gerai hadiah mata yang menawarkan aksesoris sekeliling ramen. Tetapi idiosinkrasi museum ini malah dapat ditemui di lantai dasar tanahnya.


Tangga yang menyimpang ke dasar seakan jadi mesin durasi yang akan bawa kita kembali ke era kemudian. Sedemikian itu sampai di lantai dasar tanah, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pertokoan Jepang dari tahun 1950- an, komplit dengan kerlap- kerlip lampu jalan. Pertokoan ini mencakup kantor pos, gerai soba, serta rumah agun, berikut poster- poster era dulu serta konsep bidang luar yang serba klasik.


Pertokoan di Atas, Gerai Ramen di Bawah


Tidak menyudahi sampai di pertokoan di atas, masih terdapat lagi satu lantai di bawahnya yang mengadakan sederetan gerai ramen dengan atmosfer 1950- an. Warung- warung ini kerap kali bertukar dari durasi ke durasi. Tetapi sebagian yang populer merupakan gerai miso ramen dari Hokkaido serta gerai yang memperoleh formula ramen dari gerai lain yang tercalit gelombang tsunami.


Tidak hanya warung- warung yang menawarkan menu kaldu serta mi, nyatanya terdapat pula gerai spesial yang menjual ramen kecil. Untuk memesan menu ini, kita dapat membeli tiketnya melalui mesin‘ mutahir’ dari tahun 1950- an di depan gerai. Jika mesin ini terasa sulit untuk dikendalikan, senantiasa siap sedia seseorang pramusaji yang akan menolong konsumen untuk mengoperasikannya. Benar- benar mesin yang‘ mutahir’!


Kumamon Si Maskot


Seakan akan memarakkan kemeriahan sederetan gerai ramen di lantai dasar tanah museum, muncul sesosok beruang hitam berpipi merah yang bernama Kumamon. Maskot ini sesungguhnya bukan kepunyaan Shin- Yokohama Raumen Museum, melainkan suatu gerai bernama Komurasaki dari Kyuushuu. Cermati sekelilingmu, siapa tahu berjumpa mereka dikala bertamu ke museum ini! 


Posting Komentar untuk "Shin-Yokohama Raumen: Museum Sekaligus Taman Hiburan Terbaru Bertema Ramen yang Unik"