Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kenalan dengan Boneka Terbaru Daruma “Si Pembawa Keberuntungan”

 


Kamu tentu sudah tidak asing dengan Maneki Neko bukan? Boneka berupa kucing yang diyakini bisa bawa keberhasilan pada pemiliknya, namun dalam postingan kali ini


bukan Maneki Neko yang akan kita bahas, melainkan Boneka Daruma.


Daruma ialah boneka yang dipercayai sebagai pembawa keberhasilan di Jepang. Dari namanya, Daruma berarti kekuatan serta intensitas. Mengapa Daruma ini diucap sebagai boneka pembawa keberhasilan serta intensitas? Serta gimana asal usul dibaliknya? Ayo kita bahas lebih dalam lagi!


Sejarah


Bagi legenda, boneka Daruma termotivasi dari biarawan agama Buddha, bernama Bodhidharma yang hidup di antara era ke- 5 serta ke- 6 yang sudah mengarahkan ajaran Zen 1500 tahun kemudian. Dia melaksanakan khalwat buat memperoleh pencerahan tanpa menutup matanya selama 7 tahun lamanya. Kemudian sesuatu hari, dia menyakiti matanya sendiri sebab merasa kandas sudah menutup matanya. Inilah alasan kenapa boneka Daruma mayoritas tidak diberi lukisan mata.


Nah, setelah itu, Bodhidharma meneruskan khalwat sampai 9 tahun, sampai- sampai kaki serta tangan yang ada di badan nya merosot serta layuh/ lenyap. Konon, ini yang jadi alasan dari wujud boneka Daruma yang bundar tanpa kaki serta tangan ini.


Selain itu, alis mata Daruma berupa seperti kukila bangau serta kumisnya nampak mendekati cangkang kura- kura, yang mengemukakan baya yang jauh. Warna boneka Daruma ini kebanyaknnya bercorak merah, sebab konon Bodhidharma ini menggunakan jubah merah. Namun bukan cuma itu saja, warna merah di boneka Daruma ini pula menandakan antusias serta kesehatan dalam budaya di Asia. Bagian bawah boneka Daruma terbuat lebih berat alhasil ketika terdorong serta jatuh akan kembali berdiri ke posisi awal, sama dengan ajaran Bodhidharma ialah tidak haram berserah ketika mau menggapai tujuan serta bila kandas, lekas bangun serta mulai berupaya kembali.


Oh iya teman teman, boneka Daruma pula terbuat dengan warna lain, seperti putih, kuning, ungu, kencana, serta lain- lain. Alhasil, kamu wajib memilah warna Daruma supaya menemukan keberhasilan yang sesuai. Daruma ini bisa dibuat dari washi, kusen, tanah liat ataupun batu kobaran.


“ Nana Korobi Ya Oki”, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan adagium Jepang satu ini bukan? Yup! Maksudnya“ jatuh 7 kali, bangun 8 kali”, inilah kenapa mimik muka Daruma mempunyai mata yang memandang lurus ke depan serta nampak mempunyai niat yang kokoh serta antusias haram berserah. Boneka ini pula jadi pengingat untuk orang Jepang, mengenai“ Ganbaru” yang maksudnya, ekspedisi buat menggapai keinginan itu tidak gampang, tetapi kita wajib bangun lagi serta senantiasa bergairah mencapainya.


Festival Daruma serta Kuil Shorinzan Daruma- Ji


Di Jepang, Daruma ini sampai diadakan festival loh tiap tahunnya.


Festival ini merupakan perayaan


balik tahun Daruma yang dilaksanakan di tempat pembuatan awal boneka Daruma, lebih persisnya di Takasaki, Prefektur Gunma. Adat- istiadat boneka daruma yang dikira sebagai barang keberhasilan ini berasal dari Kuil Shorinzan Darumaji(少林山達磨寺) semenjak puluhan tahun yang kemudian, Festival Daruma ini umumnya diadakan pada 6- 7 Januari tiap tahunnya.


Ketika festival, kamu bisa menemukan gundukan boneka Daruma yang sudah dibawa ke Kuil Shorinzan. Daruma yang sudah digambar dengan komplit kedua koyak matanya direkomendasikan buat dikembalikan ke Kuil buat terbakar.


Boneka Daruma yang dikira sebagai barang keberhasilan ini dijual tanpa lukisan di kedua koyak matanya. Owner boneka akan mengucapkan keinginan ataupun harapannya, setelah itu melukis satu bagian mata yang kosong. Bila keinginan ataupun impian terebut sudah berhasil, kamu dapat memenuhi bagian mata yang yang lain.


Nah untuk kamu yang mau tiba ke festival ini wajib direncanakan dari jauh jauh hari yaa! Sebab tiap tahunnya kota ini akan amat marak banget. Selain mau melihat festival ini, banyak orang yang mau membeli boneka Daruma ini sebab di Takasaki merupakan produsen terbanyak yang membuat boneka Daruma di Jepang.


Membeli Boneka Daruma sebagai Oleh- Oleh


Bila kamu akan berangkat ke Jepang, betapa bagusnya singgah ke kota Takasaki di Prefektur Gunma Jepang, surganya boneka Daruma! Kamu pula bisa jadi dapat melihat gimana pembuatan Daruma serta pula membeli bermacam berbagai tipe bentuk serta warna boneka Daruma di sini sebagai cenderamata ataupun oleh- oleh.


Posting Komentar untuk "Yuk, Kenalan dengan Boneka Terbaru Daruma “Si Pembawa Keberuntungan”"